Benarkah Air Alkali Dapat Mengobati Kanker?

Air AlkaliSudah pernah dengar iklan air alkali yang katanya bagus untuk kesehatan? Air alkali  yang merupakan air berkadar PH tinggi ( basa ), acap kali disebut bisa memberikan banyak manfaat kesehatan salah satunya menyembuhkan atau mencegah kanker. Benarkah hal yang demikian ?

Alasan kenapa mulanya air alkali diklaim bisa berkhasiat untuk kanker ialah karena air Alkali disebut  akan menjadikan tubuh menjadi kondisi basa. Sel kanker butuh lingkungan asam untuk tumbuh dan saat tubuh berubah menjadi basa karenanya diasumsikan dengan sendirinya akan mati atau tak pernah muncul.

Profesor Jorge J. Nieva dari Norris Comprehensive Cancer Center, University of Southern California, menerangkan riilnya konsumsi air alkali tak sanggup merubah kadar keasaman di dalam tubuh. Tubuh mempunyai metode peraturan yang secara otomatis akan merubah tingkat keasaman semua macam makanan dan minuman yang dikonsumsi.

“Kadar pH tubuh tak akan berubah dari 7,4 menjadi 7,6. Jika kadar kadar keasaman  berubah terlalu jauh karenanya Anda akan mati di ICU, ” kata Profesor Jorge kepada harian Quora dan dikutip Kamis (9/2/2017).

Hal yang sama diutarakan juga oleh ahli nutrisi klinik dr Samuel Oetoro dari Siloam Hospital. Di dalam tubuh paru-paru dan ginjal bekerja tiap waktu sehingga kandungan darah seseorang sama sekali tak akan berubah.

“Seandainya pH darah itu asam atau basa, yang mengatur merupakan organ paru dan ginjal bukan dari air yang kita minum” ujarnya.

Kembali pada kasus air alkali yang diklai berkhasiat untuk kanker, sel kanker memang dikenal tak dapat hidup di lingkungan basa tetapi itu juga berlaku sama untuk sel normal. Malahan seandainya seseorang dapat sengaja merubah tingkat keasaman tubuh hal yang sama akan merusak dirinya.

Konsultan gizi Jansen Ongko, Msc, RD, mengatakan kebanyakan masyarakat Indonesia memang gampang terpengaruh oleh klaim palsu. Seandainya seseorang merasa dapat memperoleh manfaat dari air alkali kemungkinan itu sebab hal lain.

” kulitnya dapat jadi cemerlang kenyal? Ya sebab ia jadi lebih banyak minum air, yang biasanya dehidrasi jadi cukup,” pungkas Jansen.

Jadi sekarang sudah tahu kan bahwa klaim bahwa air alkali baik untuk mencegah dan mengobati kanker itu adalah HOAX, jangan mudah tertipu iklan yang tidak bertanggung jawab ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *