Sering Galau Bikin Sulit Hamil

Sering Galau Bikin Sulit HamilSering Galau Bikin Sulit Hamil – Masalah adalah tanda kehidupan. Siapa sih yang nggak pernah stress, galau dan kalut. Mulai yang disebabkan oleh kondisi keuangan, hubungan kasih sayang atau masalah pendidikan. Galau dan stress sebenarnya kondisi wajar namun galau yang berkepanjangan akan mengganggu psikologi secara permanen, membuat perubahan watak bahkan sering galau bikin sulit hamil. Bisa tambah galau lagi nih.

Karena itu jangan sering galau, dijamin masalah itu akan muncul terus selama kita hidup. Dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Walaupun sempit.

Menurut penelitian ilmiah, ibu muda yang sering galau dan mudah stress berpotensi menurunkan kemampuan pembuahan alias susah hamil. Karena hormon-hormon kewanitaan memiliki hubungan kuat dengan perasaan wanita. Karena itu wanita yang memiliki jiwa tenang dan bahagia secara stabil jauh lebih mudah mendapatkan anak dari kehamilan.

Parahnya, kegalauan yang berkepanjangan bukan saja menurunkan potensi kehamilan namun juga meningkatkan potensi keguguran untuk ibu yang hamil muda dan bisa membuat bayi lahir sebelum waktunya (prematur) bagi ibu yang sudah hamil tua.

Karena itu jaga kondisi psikis ibu-ibu, hindari kegalauan yang bekepanjangan dan kesedihan yang mendalam demi buah hati yang belum lahir.

Saat kondisi pikiran stress, kondisi fisik akan merasakannya pula. Terutama kondisi organ reproduksi wanita. Kondisi mental yang sedang down membuat syaraf-syaraf dalam tubuh bekerja kurang baik sehingga fisik merasa loyo, tidak bersemangat dan sulit hamil.

Penelitian ilmiah oleh Dr. Courtney Denning Johnson Lynch yang merupakan direktur epidemiologi reproduksi di University Wexner Medical Centre Ohio State menyebutkan bahwa ibu-ibu muda dengan kesuburan tinggi yang sedang merasakan stress tingkat tinggi memiliki kesempatan sangat rendah untuk mendapatkan kehamilan.

Efek terganggunya psikologis berupa kegalauan berpengaruh langsung dan seketika pada tingkat kesuburan. Dihimbau dengan sangat agar ibu-ibu yang menjalani program kehamilan atau sedang menginginkan anak untuk menghindari galau, stress dan depresi.

Selanjutnya, dikatakan pula agar ibu-ibu yang  menginginkan kehamilan agar menjaga kondisi pikirannya agar tetap segar, tenang dan bahagia. Tidak perlu kegembiraan yang meluap-luap cukup menjaga pikiran tidak jatuh kedalam kesedihan yang berlarut-larut sudah cukup untuk menjaga kesuburan di tingkat normal.

Jadi ibu-ibu yang menginginkan kehamilan agar selalu ingat untuk menjaga perasaan ya, jangan marah-marah terus apalagi sedih yang amat sangat. Tetaplah tenang, bersandar pada yang kuasa dan tabah menghadapi cobaan. Jangan sampai keinginan untuk hamil malah menimbulkan kerisauan.

Namun patut menjadi catatan bahwa kegalauan bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan gangguan kehamilan. Ibu-ibu juga harus menjaga kesehatan fisik, makan makanan bergizi dan istirahat cukup. Hindari merokok, minum alkohol dan suplemen apapun selain yang disarankan oleh dokter kandungan. Sebaiknya ibu-ibu juga memeriksakan kesehatan reproduksi pada dokter untuk mendapatkan informasi medis yang akurat. Tidak kalah penting adalah meningkatkan frekuensi percobaan.

Selamat berusaha dan semoga lekas hamil ya bu.

 

Keyword: Galau Bikin Sulit Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *