Manfaat daun sirih untuk mimisan

Mungkin kita seringkali mendengar atau mengetahui orang yang mimisan lantas harus langsung diberi daun sirih pada hidung yang mimisan tersebut, sebenarnya untuk apa sih? Dan apa yang terkandung pada daun sirih? sehingga orang orang menggunakannya untuk obat pendarahan terutama mimisan. Mari kita simak penjelasannya berikut.

Daun sirih sudah dikenal dan diwariskan turun temurun sebagai obat penyakit ringan secara tradisional, termasuk pada kasus mimisan. Secara tradisional masyarakat Indonesia akan spontan menggunakan daun sirih untuk penanganan luka pendarahan atau mimisan, caranya dengan menggulung selembar  daun sirih dan memasukkannya kedalam lubang hidung yang mengeluarkan darah untuk menyumbat darah yang keluar.

Daun sirih mengandung styptic yang dapat menahan pendarahan, sedangkan seluruh daun sirih mengandung arecoline yang dapat merangsang saraf pusat, meningkatkan daya pikir, gerakan peristaltic serta mengurangi dengkuran. Daun sirih juga mengandung eugenol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur khususnya Candida albicans yang biasa mengakibatkan keputihan pada wanita, juga bisa meredakan rasa nyeri.

Karena manfaatnya yang banyak khususnya untuk pengobatan pendarahan maka masyarakat India dan Asia  sudah menggunakan daun sirih semenjak tahun 600  SM, namun dengan tata cara dan metode yang berbeda beda pula. Oleh karena itu tidak perlu panik ketika kita atau anak mengalami mimisan ringan, cukup berikan daun sirih untuk menghentikan pendarahan serta menjaga luka penyebab mimisan agar tidak terinfeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *