7 Manfaat Daun Salam Yang Menakjubkan

Salam merupakan salah satu jenis tanaman yang sering tumbuh di kebun atau pekarangan rumah. Sejak jaman dulu masyarakat Indonesia sering menjadikan daun ini sebagai bumbu masakan khas. Banyak sekali makanan asli Indonesia yang menggunakan daun tersebut untuk memperkuat aroma. Melalui penelitian resmi manfaat daun salam sudah banyak dibuktikan kebenaranya.

Kandungan zat gizi ataupun non gizi yang disebut fitronutrien merupakan zat penting yang berperan untuk mengobati asam urat dan menurunkan tekanan darah. Bagi anda yang hobi memasak di rumah, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Namun tahukah anda apa saja manfaat daun yang satu ini, berikut merupakan manfaat daun salam yang menakjubkan.

  1. Membuat gigi putih bersih

Manfaat daun salam yang pertama adalah membuat gigi kita tampak lebih putih. Cara membuatnya adalah dengan menjemur daun salam dan kulit jeruk hingga benar-benar kering. Setelah itu, tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Setelah itu campur dengan air dan aduk hingga bentuknya menyerupai pasta. Gunakan pasta tersebut untuk membersihkan gigi anda seperti fungsi odol pada umumnya. Sekarang anda tidak perlu lagi membeli pasta gigi di toko karena anda sudah tahu bagaimana cara membuatnya.

  1. Menurunkan kolesterol dan diabetes

Tidak hanya berfungsi untuk memutihkan gigi, daun salam ternyata juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah hebat. Daun yang satu ini dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan diabetes. Caranya adalah dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang masih segar. Setelah itu cuci daun tersebut, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Diamkan hingga mendingin, kemudian saring air rebusanya agar terpisah dari daunya. Minum semua air tersebut sekaligus di malam hari. Lakukan cara tersebut secara rutin agar penyakit anda bisa segera membaik.

  1. Untuk diet

Bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih, lebih baik anda mencoba ramuan diet daun salam. Caranya adalah dengan menyiapkan 20 sampai 30 lembar daun salam, kemudian mencucinya hingga bersih. Setelah itu rebus daun tersebut dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Angkat dan diamkan terlebih dahulu sampai air rebusan tidak terlalu panas. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari tiap pagi dan malam agar berat badan anda menurun.

  1. Mengobati kencing manis

Manfaat daun salam selanjutnya adalah mengobati penyakit kencing manis. Caranya adalah siapkan daun salam 7 hingga 5 lembar. Cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring air rebusan tersebut dan diamkan terlebih dahulu hingga dingin. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari agar khasiat daun salam dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

  1. Menurunkan tekanan darah

Selain dapat digunakan untuk mengobati kencing manis, daun salam ternyata juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Caranya adalah dengan menyiapkan daun salam yang masih segar sebanyak 7 hingga 10 lembar. Rebus daun tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut hingga terpisah dari daunya. Minum air rebusan tersebut secara rutin sehari dua kali masing-masing sebanyak setengah gelas. Lakukan cara ini secara rutin agar tekanan darah anda turun dengan cepat.

  1. Mengobati maag akut

Jika anda menderita penyakit maag, lebih baik anda coba mengobatinya menggunakan daun salam. Caranya adalah dengan menyiapkan 15 sampai 20 lembar daun segar terlebih dahulu. Kemudian cuci bersih dan rebus dengan ½ liter air selama 15 menit sampai mendidih. Tambahkan juga gula aren secukupnya. Setelah air rebusan mulai dingin, minum airnya sebagai teh herbal untuk mengobati maag. Lakukan setiap hari hingga rasa perih di lambung hilang.

  1. Mengobati diare secara alami

Manfaat daun salam yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengobati diare. Selain menggunakan jambu biji, daun salam ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah diare. Caranya adalah dengan menyiapkan daun salam sebanyak 15 lembar, kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun tersebut menggunakan dua gelas air hingga mendidih. Setelah itu tambahkan sedikit garam, lalu tunggu hingga dingin. Minum air rebusan tersebut sekaligus agar diare anda cepat sembuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara konsisten setiap hari.

 

Jika anda tidak ingin mengalami penyakit tersebut, lebih baik anda mulai mencegahnya dari sekarang karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Itulah beberapa manfaat penting daun salam yang bisa anda peroleh jika menggunakan daun ini sebagai obat. Daun yang satu ini memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi masalah kesehatan. Semoga artikel yang membahas mengenai manfaat daun salam ini bisa memberikan manfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *