Apa Itu Ketombe ?

Ketombe merupakan proses yang terjadi secara alamiah yaitu pengelepasan lapisan kulit yang terdiri dari sel yang telah mati. Ketombe nampaknya bukanlah termasuk hal yang sangat mengganggu pada tubuh meskipun ini juga gangguan kesehatan. Ketombe tidak menimbulkan rasa sakit namun ketombe dapat membuat anda merasa risih dan mengganggu penampilan anda. Ketombe muncul di kulit kepala sehingga keberadaannya tidak langsung nampak oleh mata kita. Ketombe terkadang menimbulkan rasa gatal di kepala meskipun rasa gatal itu ringan namun membuat kita perlu menggaruk kepala sadar atau tidak sadar.

Ketombe juga disebut sindap atau pelemumur dengan nama ilmiah Ptiriasis capitis adala pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kepala. Penglepasan sel sel kulit mati di kepala masih dianggap normal apabila jumlahnya sedikit. Namun terdapat pula kasus orang yang mengalaminya terus menerus baik kronis maupun sekali kali bahkan dalam jumlah besar sehingga menimbulkan gatal yang sangat dan iritasi. Kebanyakan permasalahan ketombe dapat dihilangkan dengan perlakuan shampoo khusus atau dengan membeli obat khusus ketombe di apotek.

Ketombe juga dapat menunjukkan gejala seborrheic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe yang berlebihan kita harus menjaga diri kita agar tidak menggaruk kepala secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan kulit dan iritasi, yang selanjutnya dapat berpotensi menimbukan infeksi pada kulit kepala terutama infeksi Staphilococcus aureus dan Streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe kebanyakan orang dapatmenemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *