Cara Mencegah Bau Badan

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya mengenai bau badan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya bau badan, cara cara ini sangat efektif dan praktis dilakukan.

  • Ketika mandi gunakanlah sabun yang mengandung antibakteri. Jika anda termasuk pemilik kadar keringat yang agak berlebih sehingga rawan menimbulkan bau badan maka seringlah mengelap bagian tubuh yang berkeringat dan rajinlah membersihkan badan

Karena bau badanĀ  sangat menyengat di bagian ketiak pada umumnya maka alangkah baiknya untuk mencukur bulu ketiak agar ketiak tidak lembab.

  • Gantilah pakaian yang basah karena keringat dengan pakaian yang bersih dan kering. Karena pakaian yang basah karena keringat sangat berpotensi ditumbuhi bakteri yang tentunya membuat bau badan meningkat.
  • Untuk pola makan, makanlah makanan yang dapat mengurangi bau badan. Tingkatkan makanan yang tinggi serat namun rendah kalori, serta jaga agar tubuh tidak kekurangan air minum. Dan alangkah baiknya jangan sering mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi seperti daging kambing, kurangi makanan yang menyengat pula seperti durian dan bawang goreng, serta berhentilah merokok dan minum minuman keras.
  • Gunakanlah tisu basah yang tidak mengandung deodorant, hanya mengandung air dan mikrobia positif yang dapat menghambat pertumbuhan mikrobia. Tisu basah jenis tersebut sudah banyak beredar di toko toko atau apotek. Gunakan tisu mikrobia setelah mandi.
  • Jangan biarkan rambut ketiak tumbuh terlalu panjang karena rambut ketiak dapat memperluas permukaan tumbuh mikrobia. Serta dapat menahan keringat agar tidak menguap. Cukur rambut ketiak lalu cuci bersih, gunakan alat cukur steril atau dengan diberi antiseptic agar tidak terjadi iritasi pada ketiak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *