Apakah Penyebab Bau Mulut itu?

bau mulutApakah Penyebab Bau Mulut itu? – Bau mulut yang tidak sedap selalu membuat rasa tidak nyaman dalam bergaul, terutama ketika sedang ngobrol dengan orang lain. Pada saat sendiri pun, kalau kita mempunya masalah dengan gangguan bau mulut, selalu akan terasa tidak nyaman di rongga mulut.
Bau mulut dipicu oleh banyak faktor, namun pada dasarnya adanya bau mulut adalah disebabkan eri tersebut ialah bakteri atau kuman sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Istilah bau mulut sendiri biasa disebut halitosis yang berasal dari bahasa latin yang berarti halitus (napas) dan asis bermakna keadaan. Jika diartikan secara harafiah ialah napas yang kurang sedap.

Adapun faktor ringan lain sebagai penyabab baunya mulut ialah kurang pedulinya seseorang dalam menjaga kebersihan mulutnya. Hampir 90% penyebab bau mulut adalah bakteri penghasil sulfur yang tinggal dibagian belakang mulut. Pada umumnya, hal ini berkaitan dengan gigi berlubgang, infeksi gusi dan xerastomia.

Dalam sebuah artikel yang dimuat di internet disebutkan bahwa penyakit atau kelainan yang lebih serius bisa juga menyebabkan bau mulut. Misalnya, perubahan hormon, gangguan pencernaan,sinusitis, infeksi amandel bahkan kanker, diabetes bronchitis kronis dan gangguan hati serta ginjal. Gangguan hati kronis bisa dideteksi dengan bau yang keluar dari mulut seseorang. Biasanya bau yang timbul seperti bau asam / logam serta bau yang tidak normal ada di mulut. Sedangkan bila pada mulut seseorang tercium bau amoniak, bisa dipastikan bahwa orang tersebut menderita gangguan fungsi ginjal karena terdapat kadar ureum tinggi yang beredar didalam darah.

Bau amoniak yang menyengat merupakan hasil proses kimiawi. Senyawa senyawa inilah yang kemudian masuk ke dalam sistem pernapasan sehingga menimbulkan bau mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *