Ajari Hal ini untuk Melindungi Anak dari Penjahat Seksual

Sangat miris mendengar dan melihat berita tentang kejahatan seksual pada akhir-akhir ini. Seolah kita hidup diantara binatang-binatang buas berkaki duan dan berjalan tegak. Apalagi ditilik dari korbannya yang bukan menyasar orang dewasa namun justru lebih banyak anak-anak bahkan wanita. Gilanya, beberapa anak-anak tersebut adalah anak laki-laki.

Bagaimana mungkin ini terjadi pada negara kita yang selama ini begitu tenteram dan penduduknya sangat menjunjung sopan santun.

Namun apa daya, tenaga dan kemampuan kita terbatas. Kita tidak mungkin merubah keadaan masyarakat begitu saja. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga keluarga kita, mengajari keluarga kita agar tidak terjerumus pada hal yang sama, baik menjadi korban apalagi menjadi pelaku.

Beberapa hal ini patut dilakukan untuk melindungi dan menyelamatkan anak-anak.

Masuk dalam kehidupan anak

Anda harus membiasakan diri untuk selalu masuk dalam kehidupan anak demi melindungi anak dari penjahat seksual. Biasakan menanyakan kegiatan mereka sehari-hari. Apa saja yang mereka lakukan hari ini, dimana mereka bermain, dengan siapa mereka melakukan kegiatan, kemana mereka akan pergi, untuk apa, sampai jam berapa perginya.

Jika anda belum pernah melakukannya, anak-anak mungkin sedikit terganggu namun demi melindungi anak yang kita cintai itu wajib dilakukan. Carilah trik pembicaraan yang tidak menginterogasi supaya anak-anak nyaman anda tanyain. Lakukan ini selalu, dan biasakan, agar orang tua selalu tahu kemana, dimana, ngapain dan dengan siapa anak anda sekaran.

Kenali orang-orang di sekitar anak

Coba pahami berita tentang kejahatan anak. Sebagian besar dilakukan oleh orang-orang yang dekat dengan anak. Karena itu anda harus mengenali orang-orang yang berada di sekitar anak anda. Siapapun itu.

Kenali mereka dari sisi orang dewasa dengan berinteraksi secara langsung bila memungkinkan, atau membicarakan dengan orang dewasa lain, orang tua anak-anak lain misalnya. Anda juga harus bisa mengorek pendapat anak soal mereka. Tanyakan pada anak anda pendapat mereka tentang seseorang secara spesifik.

Waspada dengan perubahan

Waspadai tingkah laku anak. Anda harus segera mengetahui jika terjadi peruahan sekecil apapun dari anak. Tanyakan apa yang mereka rasakan dan mengapa itu bisa terjadi. Berikan suasana yang nyaman supaya anak bercerita, jangan sampai kekhawatiran anda menekan anda untuk bersikap interogatif. Buang bayangan buruk saat bertanya pada anak supaya anda leluasa bertanya dengan santai. Suasana mencekam membuat anak takut bercerita.

Ajari Pertahanan Diri

Mengajari anak pertahanan diri saat masih kecil berguna untuk kehidupan mereka, bahkan hingga mereka dewasa sekalipun karena pertahanan diri bukan hanya membina skill fisik namun juga meningkatkan kepercayaan diri. Biasakan mereka marah jika ada orang yang berani menyentuh mereka. Kalau perlu ajarin mereka untuk selalu berteriak jika ada orang yang berani meraba atau menyentuh mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *